KEEP LEARNING

SEMESTER PERTAMA

SO=>System Oprerasi
DOS=>Disc Operating System
=========================
Bahasa Program(Programming language)
=>Bahasa yang dimengerti oleh komputer

U/ menginstruksikan atw memerintah komputer ada dua:

1.Bahasa tingkat rendah(low level language)=>tidak dimengerti manusia
  A.Bahasa mesin
     =>Bahasa yang masih menggunakan bahasa mesin
  B.Bahasa assembly
      =>bahasa yang menggunakan kode ascii(kode binear)

2.Bahasa tingkat tinggi(hight level language)
 =>menggunakan bahasa manusia yang sudah dimengerti antara komputer dan manusia
 =>bahasa yang dimengerti oleh komputer dan manusia
 ex :qbasic,visual basic,java,php,pascal,cobol,fotran.

Penerjemahan bahasa pemograman
1.Compiler
=>menerjemahkan atw membaca kode program secara keseluruhan
2.interprener
=>membaca/menerjemahkan kode program secara baris perbaris
Operating System(SO)
=>program yang mengontrol semua pengguna sofware,hardware,datasource dr system komputer
+SO data
 =>DOS
+SO gravis
 =>Windows
===============================
===============================
RANGKUMAN VERSI SANCE

Bahasa pemograman
=>alat dasar yang digunakan untuk menginstruksi /memerintah komputer
Bahas pemograman ada 2
1.BP tingkat Rendah
2.BP tingkat tinggi

1.BP tingkat Rendah
 A.Bahasa Mesin
    =>Instruksi binear yang langsung dilakukan oleh komputer
 B.Bahasa Assembly
    =>Instruksi yang ditulis dalam bahasa assembly yang harus dikonversasikan kebentuk biner

Instruksi Bahasa Mesin ada 2
-Kode Operasi
-Alamat

2.BP tingkat tinggi
=>Bahasa pemograman yang dimengerti oleh manusia

Istilah BP tingkat tinggi
a.Prosedure language
 1.Main Frame=>ex:cobol dan Fotran
 2.Micro Komputer=>ex:Basic,c,C++
b.Instruksi Tunggal
=>Untuk meyajikan serangkaian instruksi terperinci dalam komputer
c.Macro instruksi
=>Setiap Instruksi yang diterjemahkan kedalam bahasa mesin
d.Kompilasi
=>U/ mengkonversikan kode sumber ke dalam kode objec
f.Interpreter
=>U/ menterjemahkan instruksi program menjadi bahasa mesin

Kelebihan BP tingkat tinggi 3M2P/
=>belajar document merevisi program yang tidak usang untuk program yang umum
1.Mudah di pelajari
2.Memberikan dukomentasi yang lebih baik
3.Mudah merevisi program
4.Program tidak usang bilang bilan komputer baru dipasang
5.Program yang umum U/ aplikasi mudah dibeli

Ex. BP tingkat tinggi=>ada,basic,c,cobol,fotran
Ada=>bahasa pemograman yang digunakan oleh departement pertahanan amrik
Basic(beginers alpurpose symbolic instruction code) =>BP yang digunakan oleh perguruan tinggi
C=>Bahasa U/ menulis system Operasi Unix
Cobol=>BP yang digunakan untuk merancang bisnis
Fotran =>BP yang digunakan untuk merancang aplikasi ilmiah dan rekayasa

JD bahasa pemograman itu ada 2
1.Low level language
2.Hight level language

RANKUMAN VERSI SANCE END
===============================
START AGAIN

PTI-12

Jaringan
=>Technologi yang memungkinkan 1 komputer dapat berkomunikasi dg komputer lain
Protokol
=>Aturan yang dibuat Supaya Komunikasi dapat berjalan dg baik
EX:TCP/IP
Protocol dikembangkan oleh ISO(internasional standart organization) pengembangnya oleh
OSI(Open System Interconnection) 

UJIAN

Lapisan Osi
1.Lapisan Fisik
=>standart U/ penggunaan hardware dan sofware
2.Lapisan Hubungan Data
=>Standart U/ menyesuaikan dan mengendalikan arus data
3.Lapisan Jaringan 
=>Standart U/ mencptkn hubungan elextronik diantara komputer
4.Lapisan Transformasi
=>Standart U/ memindahkan data dr suatu komputer ke komputer lain
5.Lapisan Sesi
=>Standart U/ memindahkan data diantara program aplikasi yang berbeda
6.Lapisan Presentasi
=>Standart bagaimana data diformat U/ dilihat dilayar monitor
7.Lapisan Aplikasi
=>Standart U/ melihat program aplikasi pemakaian

*Fisik Hujat Sesi Presentasi Aplikasi

Klasifikasi Jaringan ada 3
1.LAN(Local Area Network)
=>jaringan antar 1 gedung / ruangan
2.MAN(Metropolitan Area Network)
=>jaringan antar 1 wilayah / daerah
3.WAN(Wide Area Network)
=>jaringan Global/Mendunia

Peralatan yang digunakan dlm mengembangkan jaringan
1.Personal Computer
2.Hub
=>menghubungkan 1 komputer dg komputer yang lain
3.Bridge
=>menghubungkan 1 Lan dg Lan yang lain
4.Kabel
=>Sbg jalur lalu lintas data

ex: coaxial,fiber optic(kabel tanah),UTP,STP

Topologi 
=>bentuk jaringan yang akan dibuat 

Jenis2 Topolog



END
===============================
START SANCE

PTI-12
Jaringan adalah teknologi U/ berkomunikasi melalui jalur transmisi komunikasi (jalur TK)
Sofware Communication Disebut juga Protokol U/ membentuk system network
Protokol^ komunikasi adalah peralatan fisik atw lunak U/ berkomunikasi dg kom lain.
Protokol dikembangkan oleh ISO(internasional standart organization)
Fungsi^ lapisan=>fisi Hujat sesi presentasi aplikasi
1.Lapisan(L) Fisik
2.L Hubungan data => U/ menyesuaikan atw mengendalikan arus data
3.L Jaringan =>U/ membuat hubungan data komputer
4.L Transformasi=>U/ memindahkan data komputer
5.L Sesi => U/ memindahkan program aplikasi
6.L presentasi => menampilkan data yang diFormat
7.L Aplikasi => menampilkan perangkat Lunak

1.pengklasifikasian jaringan berdasarkan Letak geografisnya
A.LAN=>jaringan yg mencakup wilayh kecil ex gedung
B.MAN=>jarigan yang berlokasi jauh
C.WAN=>Jaringan global

Alat Penghubung LAN
1.Bridge
2.Kabel(K)
 A.K Koaxcial
 B.K UTP(Unshield Twister Pair)
 C.K STP(Shield Twister Pair)

Topologi(T) Network(N)
1.Start N =>jaringan yang berbentuk bintang yang terpusat
2.Hierarchy N => jaringan yang berbentuk pohon yang bercabang
3.Loop Network=>Jaringan berbentuk lingkaran tertutup
 -Status
 -Node
4.Bus N=> Jaringan Dalam Jalur data
 -tidk menggagngu node
5.Ring N=>Loop N+Bus N
 -kelemahan jika link rusak mk akan menggangu node yang lainnya
6.Web N => Node yang dapat berhubungan melalui link
+ =>Node berhubungan dg bebas
- => Biaya Mahal karena terlalu banyak link

Node =>Setiap yang berhubungan dengan jaringan

END SANCE
===============================
START AGAIN

457(8)=.....(16)

=>   4         5        7                                                                                   
=> 1|00     10|1    111
=>1 0010 1111
=>1 2 F

So when we Convert oktal to Hexadesimal will be the 12F For Hexadecimal

=============================================
RUMUS HEXADECIMAL

0  1  2  3  4  5  6  7  =>  0000  0001   0010   0011  0100  0101 0110  0111
8  9  a  b  c   d  e  f  =>  1000  1001    1010   1011  1100  1101  1110  1111
                                                
0
1
2
3
4
5
6
7
0000
0001
0010
0011
0100
0101
0110
0111
8
9
A B C D E F
1000
1001
1010
1011
1100
1101
1110
1111

Untuk Oktal tinggal diambil sebelah kiri ex 0001 menjadi 001 
for oktal remove from the left ex 0001 to 001
untuk menghitung A dari 2

RUMUS OKTAL

0
1
2
3
4
5
6
7
000
001
010
011
100
101
110
111

*keep learning hard
==============================================
A.Konversi bilangan oktal ke desimal
=>Setiap bilangan dikali 8
ex :
137(8)=...............(10)

=>      1 x 8^2= 64
=>      3 x 8^1= 24
=>      7 x 8^0 =  7
       ------------------------
                             95
So the end of the case is 95(10) for convert it 

137(8)=      95      (10)

ex :
627(8)=.............(10)

=>      6 x 8^2= 384
=>      2 x 8^1=   16
=>      7 x 8^0 =    7
       ------------------------
                          407
627(8)=407(10)

B.Konversikan bilangan oktal ke binear
=>Setiap angka/bilangan Dikonversikan secara langsung tiap anka/bilangan oktal
menjadi tiga  binear
ex :
147(8)=............(2)

=>  1                 4                 7
     001             100             111

147(8)=001100111(2)

ex1:

 54(8)=...............(2)

=>         5                4 
           101             100

54(8)=101100(2)

C.Konversikan bilangan Oktal ke Hexadecimal
=>setiap digit dikelompokan menjadi 4 digit kelompok dari sebelah Kanan
ex:
375(8)=..............(16)

=>      3                7                5
         0|11            11|1             101
=>0 1111 1101
=>0 FD
=>FD


ex1:
357(8)=................(16)

=>       3                5                      7
          0|11            10|1                 111
=>      0 1110 1111
           0  E F
            EF
357(8)=EF(16)

===============================================================
START SANCE
START POSTEST
1.Apa yang dimaksud dg database?
=>database adalah kumpulan dari beberapa  file yang saling berhubungan

END POSTES

END SANCE
===============================================================
START SANCE
6 november 2017

DBMS atau DMS
=>paket perangkat lunak yang komplek untuk memanipulasi database.

kelebihan DBMS atau DMS adalah
kaka m ka
1.Keperaktisan
=>mempunyai peyimpanan data secara sekunder yang berukuran relatif kecil namun kapasitas penyimpanan cukup besar
2.kecepatan
=>dapat memperoses data secara cepat
3.mengurangi kejemuan
=>Komputer tidak merasa bosan jika ada data yang dilakukan berulang.
4.Keakuratan
=>Keakuratan informasi pada DBMS

Komponen utama DBMS
1.hardware
=>perangkat keras komputer dan komponen lainnya
2.sofware
=>perangkat yang melayani penguna
3.brainware/pengguna
=>orang yang bertanggung jawab atas pengolahan data
4.data
=>data yang ada dalam DBMS

Sipat DBMS
1.terpadu/integrated
=>data2 yang saling berkaitan
2.barbagi data
=>data yang ada dapat digunakan oleh seluruh pengguna.
sipat ini terdapat pada multi user.

Perintah DBMS
1.DLL(data definition language)
2.DML(data manipulation language)
3.DCL(data control language.)

fungsi DDL
=>perintah ini digunakan untuk mendefinisikan skema,sub skema dan menciptakan ,mengubah,dan menghapus basis data.

Skema
=>susunan,bentuk data dan hubungan data pada basis data
sub skema
=>pandangan bagi pengguna terhadap basis data

fungsi DML
=>perintah ini digunakan untuk memanipulasi data pada basis data

bagian DML
1.prosedural
=>perintah ini berfungsi untuk menentukan data apa yang diperlukan dan bagaimana cara memperoleh data tersebut

2.non prosedural
=>perintah ini berfungsi untuk menentukan data apa yang
diperlukan dan tidak perlu disebutkan bagaimana cara memperoleh data tersebut.

fungsi DCL
=>perintah ini digunakan untuk menentukan hak akses data dan keamanan data

cara mengakses atau memanggil DBMS
1.dengan mengetikan perintah untuk DBMS
2.dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan perintah untuk DBMS

END SANCE
===============================================================
START POSTEST

39.DBMS(database Management system)
=>perangkat lunak komputer yang digunakan U/ memanipulasi database

40.Kelebihan DBMS
1.Kepraktisan
2.kecepatan
3.mengurangi kejemuan
4.keakuratan

41.Komponen DBMS
1.perangkat keras
=>bagian Hardware komputer
2.perangkat Lunak
=>sofware yng bertugas U/ menangani DBMS
3.User
=>pengguna DBMS
4.Data
=>Fakta yang terjadi

42.perintah DBMS
1.DDL(data definition language)
=>perintah yang digunakan U/ merancang database serti membuat database,menghapus database,membuat tabel,menghapus tabel dll
2.DML(Data Manipulation Language)
=>Perintah yang digunakan U/ memanipulasi database baik U/ menginput data ,update data,edit data ,menampilkan data dll
3.DCL(Data Control Language)
=>Perintah yang Digunakan U/ menentukan hak akses dan keamanan data dalam memanipulasi database

43.cara mengakses DBMS
1.Dengan menggunakan perintah SQL (Structur Query Language)
2.Dengan Menggunakan Program Aplikasi

END POSTEST
===============================================================



   


                     





















  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATIHAN PTI SEMESTER 1B